Ø VISI “Unggul dalam Prestasi, cerdas, disiplin, kompetitif, inovatif dan berakhlaqul karimah” Ø MISI 1. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas, terampil, beriman dan memiliki keunggulan kompetitif 2. Mewujudkan peserta didik yang menguasai pendidikan umum dan kepesantrenan 3. Mewujudkan lembaga pendidikan yang inovatif, kreatif dan dinamis yang bersumber dari pemahaman Al-Quran dan sunnah yang sahih. 4. Mewujudkan peserta didik yang bermental dan berakhlakul karimah. onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()"

Saturday, May 11, 2013

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab

Bismillahirohmanirohim... Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dimulai sejak masuknya Islam ke tanah air. Pembelajaran dimulai dari bahasa Arab sebagai bahasa Ibadah, dimana umat Islam melakukan ibadah dengan bacaan-bacaan yang berbahasa Arab, maka pem­belajaran bahasa Arab dimulai dengan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Dari sini kemudian berkembang pada pembelajaran bahasa Arab untuk memahami teks-teks keagamaan dan kemudian bahasa sebagai media komunikasi yang diajarkan di berbagai lembaga pendidikan dari yang klasik hingga modern. Bentuk dan lembaga pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia sangat beragam. Mengutip dari Effendy (2009) terdapat beberapa bentuk dan lembaga Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia, yaitu: 1) Pembelajaran Bahasa Arab yang verbalistik, yaitu pembelajaran bahasa Arab yang bertujuan untuk menguasai keterampilan membaca Al-Qur’an. Lembaga-lembaga pembelajaran model ini berupa Taman Pendidikan Al-Qur’an, masjid-masjid, musholla-musholla, dan keluarga-keluarga muslim secara privat; 2) Pembelajaran Bahasa Arab yang berkaitan erat dengan pemahaman atau pendalaman keilmuan Bahasa Arab dan agama. Lembaga pembelajaran model ini adalah pondok-pondok pesantren. Model ini menggunakan metode Qowaid wa tarjamah dalam mengajarkan Bahasa Arab dan kitab-kitab berbahasa Arab; 3) Pembelajaran Bahasa Arab secara utuh. Pembelajaran Bahasa Arab model ini bertujuan untuk mengajarkan Bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi disamping sebagai bahasa agama. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode langsung (‘al-thariqah al-mubasyirah). Lembaga yang menggunakan model ini adalah pondok pesantren modern yang dipelopori oleh Mahmud Yunus di Sumatera dan Imam Zarkasyi di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo; 4) Pembelajaran dengan kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah, yaitu di Madrasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah; 5) Pembelajaran Bahasa Arab dengan tujuan keahlian dan profesionalisme. Pembelajaran model ini dilakukan di Perguruan Tinggi di Indonesia, yaitu di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), Perguruan Tinggi Umum, dan Pembelajaran Bahasa Arab untuk tujuan khusus (li al-aghradh al-khassah). Pembelajaran model ini dilakukan oleh lembaga-lembaga kursus dengan tujuan pariwisata, haji, umrah, perdagangan dan tenaga kerja. Pembelajaran Bahasa Arab dengan berbagai model tersebut secara umum memiliki problematika baik kebahasaan maupun non kebahasaan, utamanya pembelajaran Bahasa Arab yang terdapat di Madrasah. Permasalahan kebahasaan adalah permasalahan yang berkaitan dengan unsur kebahasaan. Kesulitan linguistik ini disebabkan oleh perbedaan antara bahasa ibu dengan bahasa sasaran baik dalam aspek bunyi, kata, struktur, arti dan tulisan. Oleh karena itu perlu adanya manajemen pembelajaran yang dapat dijadikan solusi atas problematika tersebut khususnya pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah. Berikut ini kami sajikan perangkat pembelajaran untuk tingkat MTs dari kelas V sampai kelas IX. Silahkan unduh, semoga bermanfaat.!! Download Button

No comments:

Post a Comment

Post a Comment